2024 Tetap Belajar Tanpa Berharap Timbal Balik Materi dan Uang

rizki yulian
2 min readJan 2, 2024

--

Source

Tahun 2023 mungkin menjadi tahun yang penuh harapan bagi banyak orang, termasuk diri saya sendiri. Ada beberapa orang yang memang Allah mudahkan untuk menggapai impiannya dalam perihal karirnya, ada juga yang belum Allah mudahkan. Kilas balik ke 2023, saya telah berusaha untuk menginvestasikan waktu dan uang dalam berbagai kelas online, webinar, dan pembelajaran pembelajaran lainnya dengan harapan bahwa hal itu akan membawa kenaikan karir, pendapatan yang lebih tinggi, mendapat proyek baru, dan pengembangan skill yang signifikan. Namun, realitasnya tidak selalu seindah yang diharapkan, banyak hal hal yang terjadi diluar ekspektasi, berbanding terbalik 180 derajat.

Meski demikian, pengalaman ini mengajarkan saya sebuah pelajaran berharga bahwa sebenarnya belajar tidak selalu menghasilkan timbal balik yang langsung terukur dalam bentuk materi atau uang. Terkadang, investasi dalam diri sendiri adalah perjalanan jangka panjang yang mungkin tidak langsung menciptakan perubahan drastis dalam pekerjaan atau keuangan.

Setiap ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pembelajaran, memiliki nilai tersendiri. Apa yang telah saya pelajari di 2023 ini membuka pintu dan wawasan baru bagi saya untuk memahami kondisi dan realitas industri saat ini.

Source: Personal

Syukur alhamdulillah, walau proses dan hasil pembelajaran tersebut tidak sesuai eksprektasi dan harapan saya, saya masih tetap diberikan izin oleh Allah untuk tetap bekerja di perusahaan saat ini, ditengah banyaknya badai PHK di tech company, tutup nya banyak start-up, dan tech winter yang tak kunjung henti.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui, (QS Al-Baqarah: 216)

Hikmah lainnya mungkin adalah, agar saya dapat tetap fokus pada pengembangan diri pribadi, tidak lagi mengharapkan hasil yang instan (instant gratification), dapat merubah orientasi belajar kepada perihal “kebermanfaatan” kepada banyak orang, lebih fokus kepada proses, lebih sabar dalam menanti hasil, terus memiliki semangat pencarian, ketertarikan terhadap hal-hal baru, dan tetap berani mengambil langkah-langkah yang di luar ekspektasi.

Source

Tulisan ini dapat menjadi pengingat bagi diri saya pribadi bahwa investasi dalam diri sendiri adalah perjalanan yang panjang, dan hasilnya mungkin tidak selalu langsung terlihat, atau mungkin memang tidak ada sama sekali secara materi.

Tetap bersemangat untuk belajar dan berkembang, karena pada akhirnya, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat menjadi fondasi yang kokoh untuk pribadi kita di masa mendatang.

--

--